By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Monday, December 5, 2016

Setelah 3 Kali Imbang, Akhirnya Menang!

Walcott merayakan golnya dengan gaya 'menimang bayi'

LONDON - Setelah tiga kali beruntun hanya mendapatkan hasil seri, kini Arsenal bangkit kembali meraih poin penuh. Di markas sendiri, skuat The Gunners berhasil menggasak tim papan tengah AFC Bournemouth dalam lanjutan Liga Primer yang digelar pada Minggu (27/11) 14.15 GMT.


Arsenal butuh kemenangan perdananya untuk menciptakan momentum yang tepat dalam persaingan perebutan gelar juara Liga Primer yang semakin memanas. Peluang itu semakin terbuka mengingat rekor atas tim tamu yang tak pernah kalah dalam 3 pertemuan kedua tim dan mencetak 7 gol tanpa kebobolan. Namun Wenger tak bisa meremehkan tim tamunya yang sekarang menjadi penghuni papan klasemen musim ini, berbeda dengan musim lalu yang hanya setingkat di atas zona degradasi. Di kubu Bournemouth, Wilshere tak bisa bermain lantaran berstatus sebagai pemain pinjaman dari Arsenal. Di bangku penonton ia ditemani Welbeck yang sedang cedera. Sementara di kubu Arsenal, Debuchy bermain untuk pertama kalinya di tim utama pascacedera sejak pertandingan terakhirnya setahun yang lalu melawan Dinamo Zagreb.

Kedua tim bermain dengan terbuka sejak awal pertandingan. Saking terbukanya, Arsenal dapat dengan mudah membuka skor ketika laga baru berjalan 12 menit. Kiper Adam Federici melempar bola pendek kepada Steve Cook di sisi kanan pertahanan Bournemouth. Bola backpass dari Cook kepada Federici justru terlalu lambat sehingga disambar oleh Sanchez. Sanchez sedikit membawa bola ke kanan, kemudian melepaskan tendangan datar ke gawang yang tak mampu dihalau Federici. The Gunners unggul 1-0.

4 menit kemudian, penampilan Debuchy harus terhenti setelah ia mengalami cedera. Wenger kemudian menggantikan Debuchy yang tertatih-tatih dengan Gabriel. Biasanya Gabriel mengisi pos bek tengah, namun kini ia diplot menjadi fullback kanan.

The Cherries, julukan Bournemouth, berhasil menyamakan kedudukan lewat Callum Wilson pada menit ke-23. Wilson yang berusaha mengejar bola liar yang melambung ke dalam kotak penalti justru dijatuhkan oleh Monreal. Ini kedua kalinya Monreal blunder setelah ia melakukan hal yang sama pada derby kontra Spurs. Sontak kesebelasan tuan rumah protes kepada wasit Mike Jones lantaran beberapa menit sebelumnya, Sanchez yang sedang mengejar bola terobosan Xhaka justru dijatuhkan di kotak penalti dan wasit tidak menggubrisnya. Mustafi dihadiahi kartu kuning akibat melakukan protes keras dan eksekusi oleh Wilson sendiri berhasil dilakukan dengan sempurna ke gawang Cech. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Arsenal yang hanya berhasil mencetak satu gol dari sekian banyak peluang serta penguasaan bola yng tinggi di babak pertama semakin meningkatkan tempo pertandingan. Alhasil, 9 menit usai turun minum, gol Walcott membuat tim tuan rumah kembali unggul 2-1. Ozil yang dua kali mengecoh Brad Smith di kanan kotak penalti kemudian melepaskan umpan lambung ke tengah kotak penalti. Bola berhasil dibuang Nathan Ake ke sisi kiri, kemudian Monreal langsung menyambar dengan melepaskan umpan lambung kembali ke tengah kotak penalti. Umpannya sedikit mengenai kaki Simon Francis, namun bola tetap lancar mengarah kepada Walcott yang tak terkawal di depan gawang. Ia kemudian menanduk bola hingga bola masuk ke gawang.

Usai gol, Walcott merayakan golnya dengan gaya seperti orang yang menimang bayi. Baru Jumat sebelum pertandingan, istrinya melahirkan anak kedua mereka. Gol ini juga merupakan gol kesembilannya bersama Arsenal di musim ini. Istrinya berjanji untuk membelikannya coffee vending machine apabila ia berhasil mencetak gol kesepuluhnya sebelum Natal. Dalam beberapa bulan ke depan, Walcott akan sering begadang mengurusi anaknya sehingga butuh banyak kopi.

Tidak cukup hanya unggul satu gol, kesebelasan gudang meriam berhasil mencetak gol ketiganya untuk unggul dua gol dan membuat skor menjadi 3-1. Adalah Sanchez yang mencetak brace pada menit ke-90. Mustafi melakukan clearance cantik di sisi kanan pertahanan, dan bola langsung berbalik arah jauh ke sisi kanan dari tengah lapangan. Giroud yang menerima bola langsung memberikannya kepada Ozil. Ozil dengan tenang membawa bola, menunggu Giroud untuk berlari ke depan sebelum terkena jebakan offside. Bola diberikan kepada Giroud di kanan kotak penalti, tanpa menoleh ia, sambil terjatuh, langsung melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Di sana rupanya Sanchez sudah menunggu dan langsung saja bola disambarnya dan diceploskannya ke gawang kosong. Arsenal berhasil memenangkan pertandingan atas Bournemouth dengan skor 3-1.

Seusai laga, manajer Arsene Wenger menyampaikan beberapa hal kepada pers. "Saya tidak terlalu terkejut (dengan kualitas Bournemouth) karena mereka bukanlah tim yang saya ingin hadapi setelah MU dan PSG," ujarnya. "Mereka merupakan tim yang dapat menjaga bola dengan baik. Jika Anda tidak rapih, Anda bisa berada dalam bahaya. Di luar itu, saya merasa kami memulai dengan baik namun ketika mereka menyamakan keunggulan, kami gugup dan itu yang ada di pikiran kami setelah tiga pertandingan imbang. Pada babak pertama, sampai kepada kami untuk tenang dan fokus pada permainan yang kami inginkan. Pada babak kedua, kami membuat banyak situasi berbahaya namun Bournemouth juga tetap berbahaya karena mereka dapat menguasai bola dan menyerang dengan baik. Mereka salah satu tim yang penguasaan bolanya dapat dibandingkan dengan tim papan atas Liga Primer."

Mengenai penalti yang diberikan wasit, Wenger mengatakan, "Pandangan saya, justru kami seharusnya yang mendapat penalti akibat pelanggaran terhadap Sanchez, dan penalti yang diberikan (terhadap kami) sangat halus. Itu merupakan kontak antarbahu dan saya sangat terkejut ia memberikan penalti."

Terhadap kekuatan bangku cadangannya, ia berkomentar, "Itu pertama kali saya melakukan tujuh pergantian komposisi pemain dari pertandingan Rabu malam. Ketika bermain di Liga Inggris, saya pikir sudah sangat lama sejak terakhir saya melakukannya, mengganti 7 pemain termasuk kiper, beralih dari Liga Champions ke Liga Primer. Itu alasan saya memiliki pemain-pemain berkualitas di bangku cadangan."

Dengan kemenangan ini, Arsenal berhak atas poin penuh pertamanya dalam empat pertandingan terakhir, serta mengoleksi 28 poin dari 13 pertandingan. Pada pertandingan Liga Primer selanjutnya, tim gudang meriam akan berkunjung ke markas tim tetangga, West Ham United, pada Sabtu (3/12) 17.30 GMT. Namun sebelumnya, tim asuhan Wenger akan menjamu Southampton terlebih dahulu dalam partai perempat final EFL Cup yang digelar Rabu (30/11) 19.45 GMT.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment