By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Wednesday, December 14, 2016

Menang Terus!

Walcott setelah cetak gol penyeimbang

LONDON - Arsenal terus menembakkan meriamnya. Ya, kali ini Stoke City yang menjadi korban keganasan mereka. Setelah berhasil menjadi juara grup A Liga Champions beberapa hari yang lalu pasca kemenangan melawan Basel, kini The Gunners kembali meraih poin penuh dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Menjamu Stoke City pada Sabtu (10/12), tim tuan rumah berhasil memenangkan pertandingan dengan skor meyakinkan, 3-1.

Skuat Arsenal datang ke pertandingan ini dengan keyakinan tinggi setelah secara mengejutkan berhasil mengungguli PSG di klasemen akhir grup A Liga Champions. Terlebih, mereka memiliki rekor yang sangat baik ketika menjamu Stoke City. Dari 8 clash terakhir kedua kesebelasan, tim tuan rumah berhasil menyapu bersih 8 kemenangan dengan perbandingan memasukkan-kemasukan sebesar 19 berbanding 3. Kemenangan hari ini, dengan dua gol atau lebih, akan membawa Arsenal ke puncak klasemen sementara karena Chelsea akan bermain pada hari selanjutnya.

Namun Stoke City pun punya modal yang bagus dalam bertandang ke Emirates Stadium. Mereka hanya mengalami sekali kekalahan dalam 9 pertandingan terakhirnya di Liga Primer. Pertahanan The Potters, julukan Stoke City, pun cukup baik, dengan hanya kebobolan maksimal 1 gol per pertandingan pada 9 pertandingan tersebut.

Hari ini sekaligus memperingati pertandingan amal tahunan yang diadakan Arsenal Foundation. Seluruh pemain mendonasikan satu hari gajinya kepada yayasan amal Arsenal tersebut, termasuk juga pemain lawan.

Bukan keberuntungan, justru petaka yang didapat tuan rumah ketika pertandingan baru berjalan 25 menit. Mustafi tiba-tiba terpincang-pincang dan mengalami cedera. Wenger lantas menggantikannya dengan Bellerin. Ini merupakan penampilan perdananya setelah 6 pertandingan absen akibat cedera.

Musibah lain muncul. The Potters justru membuka skor melalui penalti Charlie Adam 4 menit berselang. Joe Allen yang bermaksud menghindari adangan Xhaka justru dijatuhkan oleh tangan Xhaka di kotak penalti. Dalam tayangan ulang terlihat siku Xhaka hanya sedikit menyentuh muka Allen tanpa sengaja, namun Allen langsung terjatuh dan wasit Lee Mason tanpa ragu menunjuk titik putih. Sang kapten, Adam, dengan tenang berhasil mengeksekusi hadiah penalti melewati Cech untuk membawa Stoke unggul 1-0. Itu merupakan kado istimewa baginya yang kebetulan sedang berulang tahun yang ke-31.

Arsenal tidak tinggal diam. Respon cepat mereka tunjukkan dengan gol balasan pada menit ke-42. Sanchez yang berputar di depan kotak penalti kemudian dengan cerdik melepaskan terobosan datar yang mengecoh 5 pemain sekaligus. Bellerin di sisi kanan kemudian mengejar bola, dan tanpa dikontrol langsung ia lepaskan umpan melayang ke depan gawang. Bola disambar Walcott dengan cepat, lalu masuk ke gawang mengelabui kiper Lee Grant. Gol ke-50 Walcott di Emirates Stadium tersebut membuat skor imbang menjadi 1-1 dan bertahan hingga turun minum.

Kesebelasan tuan rumah tidak terlihat kelelahan setelah 45 menit babak pertama. Justru mereka terus menyerang dan berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 ketika babak kedua baru 5 menit bergulir. Chamberlain dari tengah melepaskan umpan terobosan ke arah kotak penalti. Ozil yang lolos dari perangkap offside mengejar bola hingga masuk kotak penalti dan ia mengeksekusi bola dengan cara yang sensasional. Bukannya menahan bola atau melepaskan tembakan first-time, ia justru menyundul bola ke atas Grant hingga bola melewati garis gawang. Gol tersebut merupakan torehannya yang ke-9 di semua kompetisi pada musim ini.

Gooners di dalam stadion semakin bergemuruh setelah Iwobi semakin memperbesar margin menjadi 2 gol pada menit ke-75. Sanchez berusaha menggocek Bruno Martins Indi ke kanan, namun ia berhasil dijatuhkannya di sisi kiri pertahanan Stoke. Belum mendengar peluit tanda pelanggaran, Iwobi langsung merebut bola liar dan sedikit men-dribble-nya menusuk ke kotak penalti. Ia lalu melepaskan tendangan datar yang melengkung tanpa dapat dihalau oleh Grant. Gol Iwobi yang 'disponsori' assist dari Sanchez yang sebelumnya mencetak hattrick dan satu assist ke gawang West Ham ini membuat Arsenal menjauh atas Stoke, 3-1.

3 menit setelahnya, Giroud masuk menggantikan striker Chile tersebut untuk mencatatkan 200 caps bagi Arsenal. Namun ia belum berhasil memperbesar keunggulan sehingga skor tetap 3-1 hingga akhir pertandingan.

Wenger bahagia usai berhasil meraih poin penuh atas tim utara Inggris tersebut. "Kami sangat senang karena kami menghadapi pekan yang berat," ujarnya seusai pertandingan. "Kami tertinggal 1-0. Kami sedikit ragu-ragu dalam memulai namun ketika tertinggal 1-0 saya rasa kami comeback dengan baik. Itu bagus untuk kami comeback menjadi 1-1 dan setelah itu saya percaya pada babak kedua kami memenangkan pertandingan, meskipun ketika 2-1, Cech melakukan penyelamatan yang baik dari sundulan Peter Crouch. Namun secara keseluruhan saya pikir babak kedua sangat meyakinkan."

Mengenai penalti kontroversial, ia berkomentar, "Itu bukanlah sebuah penalti saya terkejut. Itu bukanlah sebuah pelanggaran. Jika tiap dorongan menghasilkan tendangan bebas, tonton lagi pertandingannya. Saya pikir tidak ada niatan untuk membuat penalti sama sekali. Namun baiknya adalah kami tidak frustrasi, kami tidak terburu-buru, kami menjaga ketenangan dan comeback untuk memenangkan pertandingan. Secara keseluruhan itu positif."

Berhasilnya Arsenal dalam membalikkan kedudukan setelah 6 kali tertinggal terlebih dahulu pun mendapatkan respon tersendiri dari sang pelatih. "Itu membuat Anda berpikir bahwa 6 kali bukanlah sebuah kebetulan. Ke depannya ketika Anda tertinggal 1-0, pertandingan jauh dari kekalahan karena Anda tahu pemain Anda memiliki kekuatan untuk bertarung dan comeback."

Para wartawan pun memuji kualitas skuat Arsenal, termasuk para pemain yang duduk di kursi cadangan. "Saya pikir kami memiliki skuat yang bersatu, bahkan jika itu membuat beberapa pemain frustrasi ketika tidak bermain sebanyak yang mereka inginkan. Saat ini tingkat energi tim sangat bersatu dan bersama-sama, dan itu yang kami butuhkan jika ingin sukses. Saya memiliki kualitas yang baik di bangku cadangan. Saya rasa itu biasa di Liga Primer, walaupun tim papan tengah sekalipun."

Kemenangan ini sekaligus menutup kalendar hari Sabtu Arsenal pada tahun 2016 tanpa sedikitpun tercoreng kekalahan. Sementara ini, Arsenal bercokol di puncak klasemen sementara, mengungguli Chelsea yang baru akan menjamu West Brom sehari setelahnya.

Pada tengah pekan depan, skuat muda The Gunners akan melawat ke Goodison Park untuk melakoni pertandingan tandangn melawan Everton dalam lanjutan Liga Primer yang digelar Selasa (13/12) 19.45 GMT. Namun sehari sebelumnya, akan terlebih dahulu diadakan undian babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Nyon, Swiss.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment