By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Saturday, November 5, 2016

Kado Kemenangan untuk 20 Tahun Kebersamaan Wenger di Arsenal

Ekspresi Chambo setelah Koscielny mencetak gol kemenangan

BURNLEY - Arsenal kembali melanjutkan tren kemenangannya di Liga Primer. Setelah berhasil membantai Chelsea pada derby London serta membungkam FC Basel pada Liga Champions, Arsenal kembali meraih kemenangan atas Burnley. Melawat ke Turf Moor pada Minggu (2/10), tim gudang meriam susah payah menaklukkan Burnley dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal kapten Koscielny di akhir pertandingan.

Namun kemenangan pada pertandingan tersebut tidaklah sembarangan, melainkan terdapat momen istimewa di sana. Tepat 20 tahun lebih 1 hari yang lalu, Arsene Wenger resmi menjabat sebagai pelatih The Gunners. Wenger resmi memulai karier kepelatihannya pada 1 Oktober 1996 dan hingga sekarang masih membesut skuat muda Arsenal.

Momen tersebut yang memicu para punggawa Arsenal yang bermain pada pertandingan kali ini. Baru 3 menit bermain, Arsenal telah mendapat peluang cantik dari Sanchez. Ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang yang sedikit terpantul bek Burnley. Namun bola pantulan tersebut masih dapat dihalau kiper Burnley, Tom Heaton.

Menit ke-37, Burnley balik menyerang. Umpan Lowton dari sisi kanan berhasil disundul oleh Vokes. Namun sundulan kerasnya masih sedikit melenceng di kanan gawang. Skor kacamata bertahan hingga 45 menit pertandingan usai.

Di menit ke-49, lagi-lagi Sanchez hampir menjebol gawang Burnley. Bola liar yang terpantul dari kaki Bellerin di kotak penalti dimanfaatkan dengan tembakan keras ke arah gawang. Namun Heaton dengan sigap mengamankan gawang dari kebobolan.

10 menit kemudian, peluang datang dari kubu tuan rumah. Umpan lambung Ward dari sisi kanan pertahanan Arsenal disambut dengan lompatan tinggi Gudmunsson yang menghasilkan sundulan ke kiri gawang. Namun Cech berhasil menepis bola sundulan tersebut.

Pada menit ke-72, lagi-lagi Sanchez hampir menjebol gawang Burnley. Bola liar akibat umpan lambung Cazorla dimanfaatkan Sanchez dengan tendangan first-time memutarnya. Namun sayang tendangannya hanya sedikit berada di kiri tiang gawang.

2 menit berselang, lagi-lagi tercipta peluang melalui sundulan dari tim tuan rumah. Corner kick Gudmunsson berhasil ditanduk oleh Keane, namun bola hanya mengenai mistar gawang dan memantul ke depan gawang.

5 menit sebelum pertandingan berakhir, tim tamu nyaris unggul melalui Walcott. Setelah merebut bola dari bek Burnley, Sanchez memberikan operan kepada Walcott yang langsung melepaskan tembakan melengkung yang sedikit melesat di sisi kiri gawang Heaton.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Bukan untuk tim tuan rumah, tetapi justru tim tamu yang berhasil memecah kebuntuan. Pada menit terakhir injury time, tepatnya di menit ke-92, Koscielny berhasil mencetak gol kontroversial ke gawang Heaton. Dari corner pendek, umpan Sanchez berhasil disundul oleh Walcott, lalu Chambo menyambarnya dengan tembakan ke arah atas gawang. Bola sepakannya justru tidak sengaja mengenai tangan Koscielny, dan akhirnya bola melewati garis gawang tanpa dapat diantisipasi Heaton. Pemain-pemain The Clarets, julukan Burnley, sempat memprotes gol tersebut, namun wasit Craig Pawson tetap mengesahkan gol tersebut sehingga Arsenal berhasil memenangkan laga dengan skor tipis 1-0.

Usai pertandingan, Wenger berujar kepada pers yang hadir, "Itu merupakan sebuah ujian besar bagi kami karena saya pikir kami termotivasi, kami besikap benar dan kaki kami tidak sedinamis beberapa pertandingan terakhir. Burnley menyusahkan kami. Mereka bertahan dengan sangat baik, mereka sangat rapih. Itu sebuah pertandingan yang kami dapat menang 1-0 sekaligus kalah 1-0 pula. Burnley membuat semua orang menderita di sini dan saya pikir itu akan bertahan hingga akhir musim. Itu merupakan kemenangan yang besar karena (Manchester) City kalah hari ini. Kami 5 poin di belakang mereka dan Anda tidak boleh melepas kesempatan untuk mendekat."

Mengenai gol Koscielny, Wenger berkomentar, "Saya mengundang Anda untuk duduk di bangku cadangan, itu tidak mungkin untuk tahu (gol tersebut mengenai tangan atau tidak, red). Saya sedang menggerutu karena kami memainkan corner yang pendek, itu terlihat bagi saya seperti kami sedang berada di akhir 2 menit pertandingan - mengapa tidak mengambil direct corner? Dan saya tidak melihat bola masuk. Namun saya telah diberitahu, ya, oleh televisi, bahwa kami sedikit beruntung gol tersebut disahkan."

Pada kesempatan jumpa pers lain yang dilakukan oleh Arsenalmedia, pers resmi Arsenal, Wenger banyak berujar mengenai 20 tahun kebersamaannya dengan tim London utara. "Saya terbantu oleh ketahanan saya, semangat dan tentunya kepercayaan segenap jajaran saya yang berdiri di samping saya," ujarnya. "Saya percaya klub ini berani dan itu satu nilai klub yang baik dan kami telah menunjukkannya selama bertahun-tahun bahwa kami dapat memiliki kebersamaan di dalam klub. Itu kualitas yang selalu muncul dalam momen suka dan duka. Kami selalu membumi dan selalu bersama-sama."

"Banyak yang telah berubah. Seni memanajemen telah berubah, klub telah tumbuh lebih besar, sekarang menjadi klub yang mendunia. 20 tahun yang lalu tidak sebesar atau semahal ini!"

"Sepakbola telah menjadi populer dan menjadi olahraga dunia. Hari ini ketika saya pergi ke tempat latihan, saya melihat orang dari Tiongkok atau Hong Kong. Semuanya telah berubah dan tekanannya pun juga lebih intens. Namun yang tidak berubah adalah solidaritas di dalam klub. Itu selalu sama."

"Saya pikir itu merupakan keistimewaan bagi saya, saya tidak melihat ke belakang. Mungkin yang orang akan ingat dari periode saya adalah tahun 'tanpa kekalahan' (Invincible year), namun bagi saya tugas manajer adalah melakukan yang terbaik sesuai dengan yang dimiliki dan itulah yang saya coba lakukan."

"Setelah itu seperti maraton, Anda melakukan langkah demi langkah dan ketika Anda melihat ke belakang, Anda telah menempuh jarak itu. Kami selalu terobsesi dengan pertandingan selanjutnya dan selanjutnya dan itulah yang selalu kami harapkan: pertandingan selanjutnya yang sempurna. Itulah alasan kami bekerja."

Kemenangan tersebut juga merupakan pertandingan ke-1.130 Wenger selama 20 tahun membesut tim gudang meriam. Selanjutnya, Arsenal akan menjamu Swansea City di Emirates Stadium pada Sabtu (15/10) setelah international break.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment