By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Tuesday, November 29, 2016

Menang Telak 4-1 atas Sunderland

Sanchez setelah ia mencetak gol pertamanya

SUNDERLAND - Tren kemenangan Arsenal kembali berlanjut. Kali ini mangsanya adalah tim papan bawah, Sunderland. Bertamu ke Stadium of Light di kota Sunderland, Arsenal semakin trengginas mengeluarkan meriamnya hingga berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-1 dalam lanjutan Liga Primer pekan ke-10 pada Sabtu (29/10) 12.30 GMT.

Bercokol di peringkat kedua klasamen sementara dan menghadapi Sunderland yang sedang berada di posisi terbuncit membuat Arsenal telah di atas angin sebelum pertandingan. Terlebih, tim tamu hanya menelan sekali kekalahan dalam 23 pertandingan terakhir dan mengemas 7 clean sheet dari 8 pertandingan terakhirnya. Rekor antara kedua tim pun jelas tidak imbang. Arsenal hanya sekali tunduk dari Sunderland pada 25 pertandingan terakhir serta hanya kebobolan 8 kali dari 15 pertandingan yang digelar di Stadium of Light. Namun pelatih Wenger serta kiper Cech mengingatkan agar tidak jumawa dan mengatakan tim tuan rumah jauh lebih baik dari yang terlihat di klasemen sekarang. Wenger pun harus bermain tanpa dukungan Walcott dan Monreal yang cedera ringan serta Cazorla yang tidak dimainkan.

Baru 19 menit bermain, tim asuhan Arsene Wenger tersebut sudah unggul 1-0 berkat gol dari Sanchez. Sebelum gol, pemain-pemain tengah Arsenal memeragakan permainan yang ciamik di sisi kanan. Bellerin mengoper bola kembali kepada Elneny, kemudian diteruskan kepada Chambo. Chambo kemudian melakukan sedikit sprint di sisi kiri pertahanan Sunderland dan ia langsung melepaskan umpan lambung ke tengah kotak penalti. Sanchez langsung berlari dan menyambar bola dengan sundulan yang tak mampu dihalau oleh kiper Pickford. Tim tamu unggul 1-0.

4 menit berselang, skor hampir saja menjadi imbang. Billy Jones yang melakukan overlapping dari posisinya sebagai bek melepaskan tembakan dari depan kotak penalti yang diblok oleh Gibbs, kemudian dari bola liar ia memberikan terobosan kepada Khazri di sisi kanan kotak penalti. Khazri langsung mengoper kepada Defoe yang tak terkawal di depan kotak penalti, lalu ia memasukkan bola ke dalam gawang. Namun hakim garis telah mengangkat bendera tanda offside bagi Khazri. Sampai 45 menit pertandingan, skor tetap 1-0 bagi tim tamu.

Di babak kedua, kedua kesebelasan semakin menggencarkan serangan. Alhasil pertahanan kedua tim pun menjadi lebih renggang. Terbukti pada menit ke-65, The Black Cats, julukan Sunderland, mendapatkan hadiah penalti. Didier Ndong memulai serangan balik dengan langsung melepaskan umpan lambung ke depan. Bola langsung diterima Duncan Watmore yang kemudian mengecoh Mustafi hingga terjatuh. Watmore yang tidak terkawal langsung membaa bola ke dalam kotak penalti. Di depan Cech, ia menggeser bola ke kanan dan sayangnya Cech sedikit terlambat dalam mengantisipasi bola sehingga tangannya mengenai kaki Watmore dan terjatuh. Wasit kawakan Martin Atkinson langsung menunjuk titik putih tanda Sunderland mendapatkan hadiah penalti. Cech yang menerima kartu kuning tidak dapat berbuat apa-apa ketika Jermain Defoe mengeksekusi penalti. Sunderland menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Arsenal tak tinggal diam. 6 menit kemudian, Arsenal kembali unggul melalui kaki Giroud. Ia sendiri baru masuk pada menit ke-69 menggantikan Iwobi. Sanchez menusuk pertahanan Sunderland dari tengah, kemudian ia mengoper kepada Gibbs yang berlari di sisi kiri. Dengan cepat Gibbs melepaskan umpan pendek first-time yang langsung dilanjutkan dengan sepakan voli memantul dari kaki kiri Giroud di depan kotak penalti. Bola menyilang di depan gawang tanpa dapat dihalau Pickford. The Gunners kembali unggul 2-1. Gol tersebut merupakan gol perdana Giroud di Liga Primer musim ini.

Giroud kembali menggila setelah mencetak gol keduanya pada menit ke-76. Corner kick Ozil di sisi kanan berhasil ia sundul ke atas. Tangan Pickford hanya mampu sedikit mengenai bola sehingga bola melambung saja di atasnya dan kemudian masuk ke gawang. Gol keenam Giroud atas Sunderland di semua kompetisi ini menjadikan Arsenal semakin unggul jauh 3-1.

Tak cukup unggul 2 gol, kesebelasan Arsenal mencetak gol keempatnya, lagi-lagi melalui Sanchez. Ozil membangun serangan dari sisi kanan, kemudian umpan diterima Elneny di tengah. Ia langsung memberikan terobosan kepada Ramsey di depannya. Bola yang bermaksud digeser sedikit olehnya justru agak menjauh ke kiri kotak penalti, kemudian langsung disambar oleh Gibbs. Tendangan kidal Gibbs keras membentur tiang gawang dan memantul ke Ramsey. Ramsey dengan refleks cepatnya langsung mengarahkan bola kembali kepada Sanchez di depan kiper. Ia langsung mengecoh bek Papy Djilobodji dan kiper Jordan Pickford lalu menceploskan bola ke gawang. Gol kedua Sanchez tersebut sekaligus menjadi gol penutup pada pertandingan yang berakhir kemenangan 4-1 bagi Arsenal.

Ditemui saat wawancara usai pertandingan, Wenger cukup puas dengan performa timnya. " Saya senang dengan performanya dengan hasilnya," katanya. " Pada beberapa tahap kami dipertanyakan mengenai semangat kami karena kami membuang banyak peluang. Ketika 11 Anda berpikir Anda berpeluang kalah pada pertandingan yang akan berakhir, namun kami tetap lanjut. Di akhir kami menang dengan nyaman. Secara keseluruhan saya merasa sangat penting untuk menang hari ini, karena kami memenangkan 6 pertandingan berturut-turut dan kemudian imbang di kandang pada pekan lalu, yang mana itu mengecewakan. Mengakhiri pertandingan selanjutnya tanpa kemenangan mungkin akan membuat ketidaktentuan jadi sangat penting untuk memenangkan pertandingan."

Mengenai keputusan tim ketika 1-1, Wenger berujar, "Saya bisa saja menetapkan hasil akhir 2-1 saat itu juga, namun 10 menit terakhir sangat menenangkan. 2 sentuhan Giroud semuanya berbuah gol, dan itu menunjukkan ketika Anda memiliki pemain berkualitas di bangku cadangan, sangat mudah untuk mengambil keputusan yang bagus. Dengan kembalinya Giroud dan Ramsey serta Xhaka yang kembali dari hukuman kartu merah, secara keseluruhan kami berada di posisi yang baik."

Setelah kemenangan telak atas The Black Cats ini, Arsenal harus melakoni 2 pertandingan pada pekan depan. Pada Selasa (1/11) 19.45 GMT, tim gudang meriam akan melawat ke Bulgaria untuk melakoni pertandingan melawan Ludogorets Razgrad dalam pertandingan keempat fase grup A Liga Champions. Sedangkan pada hari Sabtu (6/11) 12.00 GMT, Arsenal akan melakoni derby London Utara kontra Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Primer yang digelar di Emirates Stadium.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment