By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Tuesday, November 29, 2016

Behind the Numbers: 600 ke Atas di Emirates Stadium

600 Up At Emirates

LONDON - Kemenangan Arsenal atas tamunya, Reading, dalam babak 16 besar EFL Cup pada Selasa (25/10) ternyata mencatatkan satu pencapaian baru Arsenal di Emirates Stadium dan beberapa fakta lainnya. Penasaran? Berikut infografisnya.

605?
Sebelum pertandingan kontra Ludogorets, Arsenal telah mencetak 597 gol selama bermain di Emirates Stadium. Tambahan 6 gol kemarin ditambah gol ke gawang Reading membuat angka 600 terlampaui, bahkan menjadi 605. 397 gol tercipta di kancah Liga Primer, 119 lainnya dicetak di Liga Champions, 51 pada ajang Piala FA, dan 38 sisanya tercipta di pentas EFL Cup (Piala Liga).
600?
Ternyata, Alex Oxlade-Chamberlain alias Chambo yang beruntung menjadi pencetak gol ke-600 Arsenal selama bertanding di Emirates Stadium.
2,1?
Gol yang tercipta di Emirates Stadium cukup banyak. Jika dirata-ratakan, terdapat 2,1 gol yang tercipta per pertandingan di Ashburton Grove, termasuk 6 gol ke gawang Ludogorets dan 2 gol ketika mengalahkan Reading.
17?
Dari 600 lebih gol yang tercipta, tidak semuanya dilakukan sengaja untuk timnya. Terdapat setidaknya 17 gol bunuh diri di Emirates yang tercipta oleh tim tamu yang memberikan keuntungan bagi Arsenal.
58?
600 gol yang tercipta di markas baru Arsenal jelas tidak dilesakkan oleh Giroud, Ozil, dan Sanchez saja. Terdapat 55 pemain lainnya yang pernah setidaknya sekali mencetak gol di stadion ini.
21?
Terhitung sejak pertandingan perdana kontra Liverpool hingga gol ke-605 melawan Reading, tim gudang peluru telah mencetak 21 gol di Emirates Stadium pada musim ini. Pencapaian tertinggi Arsenal adalah ketika mereka mencetak 70 gol selama musim 2009/2010, sedangkan pencapaian terburuk justru dicapai pada musim lalu dengan hanya 44 gol saja.
33?
Dari sekian tim yang pernah diladeni Arsenal di Emirates Stadium, Tottenham Hotspur-lah yang menjadi tim dengan jumlah kebobolan terbanyak dari tim tuan rumah. Rival sekota - bahkan sewilayah - Arsenal itu setidaknya harus memungut bola dari gawangnya sebanyak 33 kali.
79?
Jumlah pasti dari lawan yang pernah bertamu ke Emirates Stadium yaitu 79 tim. Hanya 2 tim yang berhasil pulang dari London Utara tanpa kebobolan satu golpun.
99?
Dari 287 pertandingan yang telah dijalani di Emirates Stadium, Arsenal berhasil mencetak tiga gol atau lebih pada 99 pertandingan di antaranya. Atau jika dikonversi menjadi persentase sebesar 34%.
Biggest Win?
Emirates Stadium menjadi saksi bisu atas kemenangan serta torehan lainnya yang dicapai Arsenal sejak 2006. Termasuk juga ketika tim London Utara tersebut berhasil memenangkan pertandingan dengan skor-skor fantastis. Skor kemenangan terbesar Arsenal di kandang ketika telah pindah markas ke Emirates Stadium yaitu 7-0 melawan Sparta Praha dalam fase grup Liga Champions 2007. Adapun kemenangan 6-0 atas Ludogorets kemarin merupakan skor kemenangan terbesar ketiga setelah skor 7-1 melawan Blackburn Rovers pada 2012.
48?
Dari sekian banyak punggawa The Gunners yang berhasil menyarangkan golnya ke gawang lawan di Emirates Stadium, Theo Walcott menjadi top scorer yang hingga saat ini masih bermain untuk Arsenal. Adapun rekor terbanyak dipegang oleh Robin van Persie yang kini bermain di Galatasaray. Ia berhasil mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 64 kali.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment