By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Saturday, November 6, 2010

Kekalahan Pertama Liga Champions



Arsenal harus menelan kekalahan perdananya di pentas Liga Champions setelah dikalahkan oleh tuan rumah Shakhtar Donetsk 1-2 pada Rabu (3/11) GMT atau Kamis (4/11) dinihari WIB di Donbass Arena, Shakhtar. Arsenal mengejutkan tuan rumah lewat gol Walcott di menit ke-10 lewat akselerasinya. Tetapi, pertahanan Arsenal terus diserang kubu Shakhtar. Tercatat ada kurang lebih 7 peluang dalam kurun waktu 16 menit setelah gol Walcott. Kemudian, Eboue diberi kartu kuning oleh wasit Massimo Busacca asal Swiss. Wasit pun mengeluarkan satu kartu kuning lagi untuk Tomas Hubschman dari kubu tuan rumah.
Petaka bagi Arsenal bermula ketika Dmytro Chygrynskiy berhasil menjebol gawang Arsenal yang dikawal oleh Fabianski. Operan matang Rodrigues Jadson berhasil diselesaikan oleh tendangan Chygrinskiy kemudian bola menyentuh badan Eastmond, gelandang muda Arsenal. Pada menit ke-40, Arsenal balik menekan lewat tendangan Rosicky, namun kiper Andriy Pyatov mampu menangkapnya.
Petaka kedua Arsenal terjadi ketika mantan striker Arsenal, Eduardo da Silva mencetak gol ke gawang Fabianski pada menit ke-45. Setelah menerima umpan dari Darijo Srna, Eduardo langsung menceploskan bola ke gawang. Ini adalah gol kedua Eduardo melawan Arsenal setelah mengenakan seragam Shaktar Donetsk. Sebelumnya pada laga pertama di Emirates, ia menjebol gawang Fabianski setelah timnya tertinggal 5-0. Skor 2-1 untuk Shakhtar bertahan hingga babak pertama usai.
Di babak kedua, Shakhtar lebih banyak berusaha mempertahankan keunggulan. Terbukti, Oleksiy Gai mempertahankan wilayahnya dengan melanggar Wilshere. Alhasil, ia pun diganjar kartu kuning hanya semenit sejak peluit babak kedua ditiup. Menit ke-55, Walcott menembakkan bola ke gawang Shakhtar, namun berhasil diselamatkan Pyatov. 4 menit kemudian, Eastmond diganti oleh Vela. Vela langsung tancap gas dengan tendangannya yang diblok oleh Dmytro Chygrynskiy semenit setelah masuk. Willian da Silva membalas dengan tendangannya yang juga diblok oleh Squillaci 2 menit berselang. Pada menit yang sama, Alex Teixeira masuk menggantikan Oleksiy Gai.
Selama kurun waktu 11 menit sebelum Chamakh masuk, Arsenal terus menyerang Shakhtar melalui peluang Squillaci dan Walcott. Pada menit ke-73, Wenger menarik keluar Bendtner dan menggantinya dengan Chamakh. Mircea Lucescu, pelatih Shakhtar, juga mengganti Rodrigues Jadson dengan Douglas Costa. Darijo memiliki kesempatan menambah keunggulan Shakhtar lewat tendangan bebas, namun Fabianski berhasil menggagalkannya.
Pencetak gol pertama Arsenal, Walcott akhirnya diganti oleh Emmanuel-Thomas pada menit ke-82. Semenit kemudian, Razvan Rat menerima hukuman kartu kuning dari wasit karena dianggap mengulur waktu. 2 menit jelang bubaran, Luiz Adriano (Shakhtar) digantikan oleh Marcelo Moreno. Peluang terakhir didapat Shakhtar setelah free-kick Yaroslav Rakitsiy gagal menjebol gawang Fabianski. Wasit Massimo Busacca akhirnya meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.
Dengan hasil ini, Arsenal masih bertahan di puncak klasemen grup H dengan 9 poin, disusul Shakhtar yang memiliki nilai sama namun kalah selisih gol. Arsenal belum bisa memastikan tiket langsung ke babak perdelapan final Liga Champions.
Hasil lainnya :

Grup A : Tottenham Hotspur 3-1 Inter Milan, Werder Bremen 0-2 FC Twente
Grup B : Hapoel Tel Aviv 0-0 Schalke 04, Benfica 4-3 Olympique Lyonnais
Grup C : Valencia 3-0 Glasgow Rangers, Bursaspor 0-3 Manchester United
Grup D : Rubin Kazan 0-0 Panathinaikos, FC Kobenhavn 1-1 Barcelona
Grup E : FC Basel 2-3 AS Roma, CFR Cluj-Napoca 0-4 Bayern Muenchen
Grup F : Chelsea 4-1 Spartak Moskwa, MSK Zilina 0-7 Olympique Marseille
Grup G : AJ Auxerre 2-1 Ajax Amsterdam, AC Milan 2-2 Real Madrid
Grup H : Partizan Belgrade 0-1 Sporting Braga

Catt: tim yang bercetak tebal lolos ke babak perdelapan final Liga Champions.

No comments:

Post a Comment