By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Tuesday, October 4, 2016

Pertandingan Perdana Liga Champions Berakhir Imbang

Sanchez merayakan golnya pada menit ke-77

PARIS - Liga Champions musim 2016/2017 sudah dimulai. Arsenal yang tergabung di grup A melakoni pertandingan tandang melawan Paris Saint Germain. Melawat ke Paris, Arsenal harus puas berbagi poin dengan tuan rumah PSG, 1-1, dalam pertandingan pekan pertama Liga Champions yang digelar di Parc Des Princes, Selasa (13/9) 19.45 GMT.


Tekanan dari publik tuan rumah yang cukup tinggi membuat Ospina harus memungut bola dari gawangnya ketika pertandingan belum genap berjalan satu menit. Memanfaatkan kelengahan pertahanan Arsenal, Serge Aurier berhasil melepaskan umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Arsenal yang langsung disambar dengan tandukan oleh Edinson Cavani. Sundulan Cavani tepat di detik ke-41 pertandingan berhasil mengoyak gawang Arsenal yang dikawal Ospina. PSG unggul cepat 1-0 atas tamunya, Arsenal.

Menit ke-9, PSG hampir saja menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Umpan backheel Angel Di Maria di sisi kanan pertahanan Arsenal berhasil mengecoh bek-bek Arsenal dan dimanfaatkan Rabiot dengan sebuah tembakan ke gawang. Beruntung, Koscielny dengan sigap berhasil memotong arah pergerakan bola hasil tembakan Rabiot.

3 menit berselang, giliran Di Maria yang hampir menjebol gawang Ospina. Melihat posisi Ospina yang terlalu menjauhi garis gawang, Di Maria melepaskan corner kick melengkung dari sisi kanan yang tepat mengarah ke gawang. Ospina yang sudah salah langkah harus mundur terlebih dahulu untuk menepis bola.

33 menit pertandingan berlangsung, gawang Arsenal kembali terancam. Umpan terobosan datar Marco Verratti berhasil dipotong oleh Mustafi, namun Koscielny yang berada lebih di belakang tak dapat mengejar bola liar dari Mustafi sehingga Cavani membawa bola dan melepaskan tembakan setelah mengecoh Ospina. Keberuntungan masih berpihak kepada Arsenal setelah tendangan Cavani masih meleset sedikit di samping kiri gawang.

Beberapa peluang tercipta dari kesebelasan PSG hingga sekitar menit ke-70. Salah satunya ketika Ospina memberikan operan kepada Koscielny yang berhasil direbut para pemain PSG. Di Maria yang kemudian berhasil melambungkan bola ke atas kepala Mustafi melepaskan sebuah tembakan keras ke arah atas gawang. Penampilan Ospina yang sangat gemilang pada malam itu kembali menggagalkan peluang tersebut.

Arsenal yang hampir tanpa perlawanan pada pertandingan tersebut justru membuat kejutan ketika melakukan sebuah serangan kepada pertahanan Les Parisiens, julukan tim PSG. 13 menit jelang pertandingan usai, Ozil berhasil menusuk sisi kanan kotak penalti PSG, lalu memberikan umpan tarik datar kepada Iwobi yang berhasil melepaskan tembakan ke gawang. Bola muntahan dari Areola, kiper PSG, diselesaikan dengan baik oleh Sanchez yang berdiri bebas di belakang Iwobi. Sanchez langsung melepaskan tendangan keras memantul yang kali ini gagal diantisipasi Areola dan mengubah papan skor menjadi imbang 1-1.

Pada menit ke-80, Cavani kembali membahayakan gawang Arsenal. Memanfaatkan terobosan Verratti, Cavani langsung maju ke depan Ospina dan mengubah arah bola. Ospina lagi-lagi menggagalkan peluang emas tersebut dengan langsung membuang bola sebelum Cavani dapat melewati kiper Kolombia tersebut.

2 menit berselang, Arsenal balik menyerang. Melalui operan Sanchez, Iwobi hampir saja menjebol gawang Areola dari sisi kanan kotak penalti PSG. Areola yang tinggal one-on-one dengan Iwobi berhasil menepi bola sepakan Iwobi ke luar.

Pada menit terakhir pertandingan, terjadi sebuah insiden yang melibatkan Giroud dan Verratti. Verratti yang berusaha melewati hadangan Giroud justru dijatuhkan oleh Giroud. Giroud yang berniat mengejar bola liar pun dijatuhkan balik oleh Verratti. Wasit dan hakim garis yang melihat kejadian tersebut langsung memberikan kartu kuning kedua kepada kedua pemain karena keduanya telah menerima kartu kuning sebelumnya, sehingga Giroud dan Verratti harus meninggalkan lapangan. Kedua tim harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain hingga pertandingan berakhir. Namun insiden tersebut tidak mengubah skor akhir yang imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Dalam jumpa pers yang digelar setelah selesai pertandingan, Wenger berkata, "Secara keseluruhan saya merasa kami bermain melawan tim PSG yang bagus, yang memulai pertandingan lebih kuat dari kami. Mereka bermain pada kecepatan tinggi, namun bahkan pada babak pertama saya rasa kami berada dalam masalah terutama ketika kami kehilangan bola pada skema counter-attack karena mereka menekan dengan baik. Pada akhir pertandingan kami mendapatkan pengalaman di LIga Champions dan kami memperoleh poin yang bagus." Mengenai insiden kartu merah, Wenger berkomentar, "Bola berada di sisi yang lain, saya tidak melihat apa yang terjadi. Saya pikir kartu kuning Giroud yang pertama sangatlah tidak pantas, itu bukanlah sebuah pelanggaran. Yang kedua, dia berkata kepada saya bahwa dia tidak melakukan apapun dan Olivier (Giroud) jujur sehingga saya percaya denganya. Dan Verratti mengatakan kepada saya bahwa dia tidak melakukan apapun, jadi saya katakan, 'Lihat, jalan bersama untuk menemui wasit dan ceritakan bahwa Anda tidak melakukan apapun'."

Dengan hasil imbang ini, Arsenal dan PSG harus puas berbagi 1 angka. Selanjutnya, skuad besutan Arsene Wenger dijadwalkan menjamu tim asal Swiss, FC Basel, pada Rabu (28/9) 19.45 GMT.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment