By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Monday, October 3, 2016

Awal Musim yang Mengecewakan

Walcott merayakan golnya ke gawang Liverpool

LONDON - Arsenal gagal mengawali Liga Inggris musim 2016/2017 dengan hasil yang memuaskan. Bertanding di kandang sendiri, tim gudang meriam justru hasru takluk atas rivalnya, Liverpool, dengan skor 3-4 dalam big match pekan pertama Liga Inggris yang digelar pada Minggu (14/8) 16.00 GMT.

Arsenal sebenarnya berpeluang unggul terlebih dahulu di menit ke-30 setelah Walcott dijatuhkan bek kiri Liverpool, Alberto Moreno, di sisi kanan kotak penalti Liverpool. Namun, Walcott yang menjadi eksekutor penalti gagal memanfaatkan kesempatan tersebut.

Namun sekitar 90 menit kemudian, Walcott berhasil menebus kesalahannya dengan mencetak gol ke gawang Liverpool yang dikawal kiper Mignolet. Iwobi memberikan umpan terobosan kepada Walcott yang kosong di sisi kiri pertahanan Liverpool, lalu Walcott melepaskan tembakan keras ke sisi kanan Mignolet. 1-0 untuk Arsenal.

Beberapa saat menjelang turun minum, sebuah kesalahan dilakukan Holding setelah menjatuhkan Coutinho di luar kotak penalti. Coutinho berhasil mengeksekusi tendangan bebas dengan brilian ke pojok kiri gawang Arsenal yang dikawal Cech. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim.

Memasuki babak kedua, Liverpool mengubah taktik dengan lebih menekan pertahanan Arsenal. Alhasil, baru 4 menit bermain, Liverpool berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 melalui gol Lallana. Wijnaldum melepaskan umpan cungkil ke kotak penalti yang dikontrol Lallana dan melesakkan tendangan keras yang menembus bawah kaki Cech.

Liverpool kembali memperbesar keunggulan pada menit ke-56 melalui gol kedua Coutinho. Memanfaatkan lemahnya sisi kiri pertahanan Arsenal, Clyne melakukan akselerasi yang tak dapat dikejar Monreal lalu melepaskan umpan datar ke depan Cech yang langsung disambar Coutinho tanpa dapat dihalau Holding maupun Cech. Skor 3-1 untuk keunggulan tim tamu.

Kelemahan lini pertahanan Arsenal terutama di sisi kiri sekali lagi berhasil dimanfaatkan Liverpool menjadi sebuah gol. Kali ini Mane yang menjadi aktor gol keempat The Kop pada menit ke-63. Menerima umpan jauh Moreno dari sisi kanan, Mane men-dribble bola menusuk sisi kiri pertahanan Arsenal, menggocek Chambers dan Monreal lalu melepaskan tembakan kaki kiri yang keras ke pojok kanan gawang Arsenal. 4-1, Arsenal semakin tertinggal dari Liverpool.

Arsenal bukannya tanpa perlawanan. Semenit kemudian, Chamberlain yang baru bermain sebelum gol Mane berhasil memperkecil Arsenal menjadi 4-2. Aksi individualnya mengecoh beberapa pemain di sisi kiri pertahanan Liverpool dan ia melepaskan tembakan datar ke arah Mignolet yang sempat terpantul oleh kaki Lovren.

Arsenal kembali memperkecil ketertinggalan menjadi 3-4 pada menit ke-75. Free-kick Cazorla berhasil ditanduk oleh Chambers ke sisi kanan gawang Liverpool tanpa dapat dihalau oleh Mignolet. Namun skor tersebut tidak berubah sampai pertandingan berakhir sehingga Arsenal harus takluk di kandang sendiri.

Menanggapi hasil pertandingan yang seharusnya dapat dimenangkan Arsenal, Wenger berkomentar, "Itu dapat menjadi lebih baik karena kami merasa memiliki babak pertama. Kami sangat dinamis dalam hal penyerangan. Kami sedikit menurun pada babak kedua, saya yakin karena faktor psikologis, hanya karena kebobolan 1-1 sebelum babak pertama berakhir. Setelah itu kami drop secara psikologis dan langsung tertinggal 2-1 merupakan pukulan besar bagi kami. Saya yakin kami tetap menjalaninya dan kami telah menunjukkan kekuatan mental dan secara keseluruhan terdapat banyak aspek positif pada pertandingan kami, namun kami sangat kecewa karena kami kalah pada pertandingan."

Dengan kekalahan ini, Arsenal belum mengantongi satu poin pun dan harus bekerja lebih keras lagi pada pertandingan-pertandingan selanjutnya. Pada pekan selanjutnya, Arsenal akan melawat ke King Power Stadium untuk melawan juara bertahan Leicester City pada Sabtu (20/8) 17.30 GMT.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment