By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Monday, January 30, 2017

Swansea Dicukur 4-0!

Sanchez usai mencetak gol keempat Arsenal

SWANSEA - Kembali ke ajang Liga, The Gunners berhasil memperoleh kemenangan meyakinkan atas tuan rumah Swnasea City. Dalam pertandingan pekan ke-20, Arsenal membantai tuan rumah dengan skor 4-0 dalam laga yang digelar di Liberty Stadium, Sabtu (14/1).

Wenger kembali menurunkan skuat utamanya, dengan Giroud kembali menjadi penyerang tunggal setelah menjadi penyelamat dalam dua laga terakhir. Kapten Koscielny akan melakoni partai ke-200 di Liga Primer. Cohen Bramall, youngster yang baru direkrut Arsenal, tidak masuk ke dalam skuat, sementara Welbeck berada di bangku cadangan pertama kali sejak Mei.

Di pihak tuan rumah, Paul Clement akan menghadapi pertandingan perdananya di Liga Primer setelah dipecatnya Bob Bradley. Sebelumnya, ia telah memimpin anak asuhnya ketika kalah dari Hull City dalam babak ketiga Piala FA. Mantan kiper Arsenal, Lukasz Fabianski, siap menjaga gawang Swansea dari serangan mantan rekan-rekan setimnya untuk mendongkrak posisi dari peringkat dua terbawah serta memperbaiki rekor 5 kekalahan dari 6 laga terakhir.

Butuh kurang lebih 10 menit bagi kedua tim untuk membentuk pola permainan terbaik mereka. Baru setelah itu, kedua tim mulai berani menerobos ke kotak penalti lawan masing-masing.

Setelah peluang demi peluang diciptakan, Arsenal akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-37. Sebuah serangan balik gagal diselesaikan oleh Giroud, kemudian Sanchez kembali membangun serangan dari sayap kiri. Ia melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti yang disundul oleh Ozil. Bola mengenai kaki bek Mawson, kemudian pantulannya dimanfaatkan Giroud dengan sontekan cepat ke dalam gawang. The Gunners memimpin 1-0.

Swansea hampir saja mendapatkan hadiah penalti 3 menit jelang istirahat. Ki Sung Yueng terlihat dijatuhkan oleh Koscielny di kotak terlarang. Namun wasit justru menganggap ia melakukan diving sehingga diberikan kartu kuning. Padahal dalam tayangan ulang, terlihat bahwa kaki Koscielny mengenai kaki Ki. Alhasil skor tetap 1-0 hingga selesai babak pertama.

Di babak kedua, para penyerang Arsenal semakin ganas dalam melancarkan serangan. Sembilan menit setelah berganti sisi, tim tamu berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Shot on-target Iwobi dari sisi kanan kotak penalti mengenai kaki bek Cork sehingga bola melambung tanpa dapat dijangkau Fabianski. Seharusnya gol menjadi milik Iwobi dan bukan sebuah gol bunuh diri, namun ofisial memutuskan sebagai gol bunuh diri.

Iwobi kembali menjadi aktor utama gol ketiga Arsenal pada menit ke-67. Bermula dari serangan balik, Iwobi mengobrak-abrik sisi kiri kotak penalti Swansea dan melepaskan umpan ke tengah kotak penalti. Namun bukannya diterima Ramsey ataupun Sanchez, bola justru mengenai kaki Naughton dan meluncur ke arah gawang. Gol bunuh diri kedua - yang seharusnya menjadi gol kedua Iwobi - menjadikan skor semakin jauh, 3-0.

Tidak cukup dengan tiga gol, para gelandang dan penyerang The Gunners kembali menambah gol pada menit ke-73, lagi-lagi berawal dari Iwobi. Iea menerobos bola kepada Chamberlain di kotak penalti sisi kiri, kemudian Chambo melepaskan umpan tarik ke arah Ramsey. Bola dibuang oleh Routledge namun mengarah tepat ke arah Sanchez yang berada di depannya. Dengan tanggap Sanchez menceploskan bola melayang tersebut ke dalam gawang. Empat gol cukup untuk mengamankan tiga poin bagi skuat meriam muda.

Dalam jumpa pers usai pertandingan, seperti biasa pelatih Arsene Wenger menyampaikan komentarnya. " Kami bermasalah dalam memulai namun faktanya Swansea memang bermain sangat baik pada babak pertama," katanya. "Mereka rapi, kerja mereka luar biasa dan tentunya di babak kedua kami mengambil alih dan mereka tidak dapat mengikuti tempo kami. Kami tidak berbelas kasihan hingga akhir dan lebih tajam di (sisi, red) peralihan serta lebih akurat dan cepat dalam operan. Itu membuat perbedaan yang besar."

Mengenai Sanchez yang terlihat tidak senang ketika ditarik keluar beberapa menit setelah ia mencetak gol, ia berkata, "Semua pemain frustrasi ketika mereka diganti. Beberapa menunjukkannya, beberapa tidak. Saya sudah cukup lama di pekerjaan ini untuk mengetahuinya. Saya hanya membuat keputusan yang saya rasa benar, tidak lebih dari itu. Tidak ada masalah."

Iwobi ketika diminta komentarnya terkait dua gol bunuh diri yang berawal dari kakinya, ia mengatakan, "Aku mengklaim gol pertama! Itu mengarah ke gawang jadi saya akan mengklaim yang itu. Gol kedua aku dapat membiarkannya, namun gol pertama jelas golku."

Dengan kemenangan ini, Arsenal berhak atas tiga poin dan mengoleksi 44 poin dari 21 pertandingan. Pada lanjutan Liga Primer gameweek ke-22, The Gunners akan menjamu tim papan tengah, Burnley, di Emirates Stadium pada Minggu (22/1) 14.15 GMT.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment