By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Thursday, January 19, 2017

Kalah Lagi

Pablo Zabaleta berusaha mengadang bola sepakan Walcott

LONDON - Performa Arsenal tak kunjung membaik. Setelah sebelumnya ditekuk Everton 2-1 di Goodison Park, The Gunners kembali takluk saat melakoni pertandingan tandang. Bertamu ke Etihad Stadium, anak asuh Wenger harus rela kalah dari tuan rumah Manchester City dengan skor 2-1 dalam lanjutan Liga Primer yang digelar pada Minggu (18/12) 16.00 GMT. Persis seperti ketika bertandang ke markas Everton, skuat Arsenal sempat unggul 1-0 terlebih dahulu, lalu dibalas dengan dua gol oleh tim tuan rumah.


Premier League memang sangat kompetitif dan dinamis. Delapan hari setelah meraih kemenangan atas Stoke City dan memuncaki klasemen, kali ini Arsenal datang ke kota Manchester dengan ketertinggalan sembilan poin atas pemuncak klasemen Chelsea. Rekor pertemuan Arsenal dengan Manchester City cukup baik - enam pertemuan tanpa kekalahan - serta kemenangan 2-0 di awal musim. Sanchez pun terus menjadi tulang punggung penyerangan Arsenal dengan terlibat langsung, baik gol maupun assist, dalam 27 gol pada 27 pertandingan terakhir. Di sisi tuan rumah justru tidak dapat menurunkan Aguero akibat hukuman kartu merah serta Gundogan yang dilanda cedera.

Meski bermain di kandang lawan, Arsenal justru berhasil unggul dengan cepat ketika pertandingan baru berjalan 4 menit. Bellerin melakukan aksi individu dengan berlari setengah lapangan, kemudian bola dioper kepada Sanchez yang berada di depan kotak penalti. Ia kemudian berputar dan melepaskan umpan terobosan kepada Walcott yang berlari ke dalam kotak penalti. Dengan tenang, TW14 melepaskan tendangan datar yang tak mampu dihalau kiper Bravo. Tim tamu unggul cepat 1-0.

The Citizen, julukan Manchester City, hampir saja menyamakan kedudukan setelah itu melalui Sterling. Namun sayang sundulannya di depan gawang sedikit melebar dari gawang Cech. Skor 1-0 bertahan hingga paruh pertandingan.

Di babak kedua, tim tuan rumah justru meningkatkan intensitas permainan dan lebih menguasai bola. Sebuah kesalahan dari pemain-pemain bertahan Arsenal dengan efektif dimanfaatkan oleh tim tuan rumah dengan sebuah gol hanya 2 menit setelah turun minum. Xhaka kehilangan bola di tengah lapangan, kemudian dengan cepat gelandang-gelandang City membangun serangan balik. David Silva kemudian melepaskan terobosan lambung kemudian dilanjutkan dengan sontekan dari Sane yang tidak mampu diantisipasi Cech. Skor imbang 1-1.

Lagi-lagi, The Gunners melakukan kesalahan yang tidak perlu di tengah lapangan ketika pertandingan berjalan satu jam. Dari kesalahan tersebut, bola diterobos ke kiri kotak penalti oleh De Bruyne dan ditendang oleh Sane - yang sejak awal babak kedua ditukar ke sayap kiri. Beruntung Cech dengan sigap menghalau bola dengan badannya sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Serangan bertubi-tubi serta penguasaan bola yang dominan akhirnya membuahkan sebuah gol lagi bagi tim tuan rumah. Pada menit ke-71, De Bruyne melepaskan umpan spekulatif ke sayap kanan dan bola langsung diterima oleh Sterling. Ia kemudian berlari menyusuri sisi yang dikawal Monreal, kemudian menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan datar ke tiang dekat dan masuk ke gawang. The Citizen berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 dan mempertahankan skor hingga wasit Martin Atkinson meniup peluit panjang.

Sesuai laga, pelatih Arsene Wenger menyampaikan beberapa komentarnya. "Saya rasa kami dapat mengontrol dan itu tidak terlihat seperti kami dapat kalah dari pertandingan," ujarnya. (Pada babak pertama) kami menghentikan mereka menciptakan peluang, mereka terlihat kekurangan ide untuk menciptakan peluang, namun mereka membekukan kami pada babak kedua. Namun memang fisik kami menurun pada babak kedua. Dan ketika kami memegang bolam kami tidak bermain selancar babak pertama."

Namun nada optimis juga terlontar darinya. "Kami harus bangkit pekan depan dan memenangkan pertandingan. Saya pikir kami telah menjalani pekan yang buruk dan yang lebih buruk lagi yaitu dari dua performa bagus, Anda mendapatkan nol poin. Dan dari dua posisi memimpin, kami kalah dua kali. Itu jelas sangat mengecewakan. Sebelum kami memikirkan selisih 9 poin, kami harus bangkit dan realistis. Untuk beberapa saat kami tidak berhasil clean-sheet, dan jika Anda ingin bermain pada level tinggi maka Anda harus menjaga clean-sheet.

Setelah dua kekalahan tandang beruntun ini, The Gunners akan menjamu dua tim di Emirates Stadium. Arsenal dijadwalkan bertemu West Bromwich Albion dalam laga boxing day pada Senin (26/12) 15.00 GMT serta Crystal Palace pada awal tahun baru, Minggu (1/1) 16.00 GMT.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment