By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Sunday, January 30, 2011

Lolos ke Babak IV Piala FA

LEEDS - Arsenal berhasil lolos kek babak IV Piala FA setelah mereka unggul 3-1 atas tuan rumah Leeds United di Elland Road, Rabu (19/1) GMT atau Kamis (20/1) dini hari WIB. Pada pertemuan pertama di Emirates Stadium, mereka bermain imbang 1-1 dan harus melakukan partai ulangan.
Arsenal unggul cepat di menit ke-5. Berawal dari umpan Gibbs kepada Chamakh, kemudian ia mengoper kepada Arshavin dan langsung memberi bola kepada Nasri di kotak penalti. Kemudian, Nasri sukses mengecoh kiper Kasper Schmeichel. 1-0 untuk Arsenal.
4 menit berselang, tembakan Chamakh masih bisa ditangkap Schmeichel. Menit ke-21, giliran assister gol Nasri, Arshavin, membuat peluang yang masih bisa digagalkan Schmeichel. Leeds mencoba bangkit. Robert Snodgrass, pencetak gol penalti di Emirates, melepaskan tembakan ke gawang Arsenal, namun Szczesny masih bisa menyelamatkannya.
Arsenal justru berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah Sagna mencetak gol ke gawang Leeds pada menit ke-34. Bola buangan Andrew O'Brien yang tepat mengarah ke kaki Sagna langsung dimanfaatkan Sagna untuk melepaskan tembakan keras dari sisi kiri kotak penalti Leeds. Tembakan Sagna gagal diantisipasi dengan sempurna oleh Schmeichel sehingga bola bersarang di gawangnya.
Tetapi, The Whites, julukan Leeds United, tidak tinggal diam. Mereka bisa mencetak gol balasan 3 menit berselang. Koscielny yang hendak membuang bola justru memberi bola kepada Jonathan Howson. Howson langsing mengoper kepada Bradley Johnson untuk melepaskan temabakan jarak jauh kaki kirinya tanpa bisa dihalau kiper Szczesny. Skor 2-1 untuk The Gunners bertahan hingga jeda.
Baru 20 detik kick-off babak kedua dilaksanakan, Song sudah mampu melepaskan tembakan ke gawang. Menit ke-64, pelatih Leeds United, Simon Grayson, mengganti Andrew O;Brien dengan Leigh Bromby. 3 menit kemudian, Grayson kembali mengganti pemain, dengan Billy Paynter digantikan oleh Davide Somma. Menit ke-71, giliran Arsene Wenger memasukkan 2 nama sekaligus, Fabregas dan Van Persie untuk menggantikan Chamakh dan Arshavin.
Ternyata, strategi pergantian pemain yang diterapkan Wenger berhasil. Gol ketiga untuk Arsenal tercipta berkat sundulan pemain pengganti, Van Persie pada menit ke-76. Memanfaatkan umpan lambung Bendtner dari sisi kiri pertahanan Leeds, RVP, panggilan akrab Van Persie, menyundul bola dengan keras tanpa bisa dihalau Kasper Schmeichel. 3-1 untuk Arsenal.
Pada menit ke-77, Sanchez Watt, pemain akademi Arsenal yang sedang dipinjamkan ke Leeds, ditarik keluar dan digantikan oleh Lloyd Sam. 6 menit berselang, Clichy dimasukkan oleh Wenger untuk mengisi posisi Nasri. Tampaknya Wenger menerapkan strategi bertahan dengan formasi 5-3-2. Pada 5 menit terakhir pertandingan, Robert Snodgrass, Bradley Johnson, dan Jonathan Howson (Leeds) sama-sama menerima kartu kuning. Namun, tak satupun gol tambahan tercipta sampai wasit Mike Dean meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Leeds United 1-3 Arsenal.
Dengan kemenangan ini, Arsenal berhak melaju ke babak IV Piala FA dan akan bertemu Huddersfield Town di Emirates Stadium, Minggu (30/1).
Hasil pertandingan babak III Piala FA lainnya :

Crawley Town 2-1 Derby County
Wycombe Wanderers 0-1 Hereford United
Wolverhampton Wanderers 5-0 Doncaster Rovers (R)
Manchester City 4-2 Leicester City (R)
Cardiff City 0-2 Stoke City (R)

Ket. : tim yang bercetak tebal lolos ke babak IV Piala FA. Partai yang terdapat tanda (R) merupakan partai ulangan babak III Piala FA.

Pic : Arsenal.com

No comments:

Post a Comment