By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Thursday, February 2, 2017

Piala FA: 5-0!

Selebrasi gol Welbeck dengan gaya 'menabur garam'

SOUTHAMPTON - Jalan Arsenal semakin mulus dalam merebut kembali trofi Piala FA yang sempat setahun berpindah tangan. Dalam babak keempat, anak-anak Arsene Wenger berhasil menumpaskan perlawanan tuan rumah Southampton, 5-0, dalam laga yang digelar di St. Mary's Stadium pada Sabtu (28/1).
Arsenal datang tidak dengan skuat utamanya mengingat pekan depan yang padat menghadapi Watford dan Chelsea di ajang Liga Primer. Hanya Mustafi - Arsenal belum pernah kalah jika ia bermain - yang tidak berubah dari line-up yang diturunkan ketika menjamu Burnley. Lini tengah diisi oleh dua mantan pemain Soton, Walcott dan Chamberlain, serta Ainsley Maitland-Niles mendampingi Chambo di jangkar dan Jeff Reine-Adelaide menyeimbangkan posisi sayap dari Lucas.

Kubu The Saints, julukan Southampton, masih berada dalam euforia setelah menghentikan laju Liverpool di ajang sebelah, Piala EFL, dan melaju ke final untuk menghadapi Manchester United di Wembley. Namun Arsenal masih bisa optimis mengingat pertemuan terakhir kedua tim di Piala FA memenangkan Arsenal dalam laga final 2003 yang digelar di Cardiff - Robert Pires menjadi pembeda.

Wenger tidak ingin mengulangi kesalahan ketika berhadapan dengan Preston, dengan Arsenal memulai laga dengan lamban. Ia menginstruksikan para pemainnya untuk menyerang sejak awal. Alhasil gol telah tercipta di menit ke-15. Operan Niles dilanjutkan dengan assist memutar dari Lucas melewati dua bek, kemudian Welbeck dengan tenang mencungkil bola ke atas kiper Harry Lewis hingga mengenai mistar gawang dan menjebol gawang.

7 menit berselang, Welbo berhasil mencetak brace. Dari belakang garis tengah lapangan, Chambo melepaskan umpan lambung kepada Welbeck yang berlari ke dalam kotak penalti. Ia kemudian mengontrol dan mensontek bola ke kolong kiper hingga bola bersarang ke gawang. Dua kali mencetak gol, dua kali pula ia melakukan selebrasi layaknya sedang 'menabur garam'.

Setelah Welbeck, giliran Walcott unjuk gigi  9 menit jelang turun minum. Serangan dibangun Welbeck memanfaatkan kesalahan umpan dari bek Soton. Kemudian Perez mengembalikan bola kepada Welbo yang berlari ke ujung kotak penalti, lalu ia melepaskan umpan tarik kepada Walcott. Dengan cepat, TW14 menyambar bola masuk ke gawang. 3-0 untuk The Gunners hingga istirahat babak pertama.

Keunggulan tiga gol dirasa belum cukup bagi Arsenal, mengingat mereka pun pernah berhasil menyamakan kedudukan setelah tertinggal tiga gol dari Bournemouth. Sehingga gol keempat sangat dibutuhkan untuk setidaknya menjauhkan skor.

Di menit ke-69, gol itupun lahir. Lagi, dari kaki Walcott. Chambo mengoper kepada Sanchez - ia masuk menggantikan Welbeck pada menit ke-65 - yang lolos perangkap offside di dalam kotak penalti, kemudian ia melepaskan umpan tarik kepada Walcott yang dengan tenang melepaskan tembakan ke arah gawang. 4-0 bagi keunggulan Arsenal.

Walcott benar-benar mencetak hattrick 5 menit jelang laga usai. Dari kesalahan oper ketika Soton melakukan penyerangan, Lucas melepaskan umpan terobosan jauh kepada Sanchez di lapangan permainan lawan. Melihat Walcott berlari sejauh 50 yards ke sisi kanan kotak penalti, ia mengoper bola kepadanya dan Walcott melakukan penyelesaian first-time sedikit di samping kiper Lewis. Arsenal memastikan skor 5-0 bertahan hingga akhir laga.

Dalam jumpa pers yang digelar di lorong markas Soton, Wenger mengomentari performa anak-anak asuhannya. "Ya, itu merupakan performa tim yang luar biasa," ujarnya. "Semisal kami menang 5-0 namun kiper kami sangat bagus. Kami terlihat kompak, rapi, eksplosif pada sisi peralihan dan secara keseluruhan saya puas dengan Welbeck yang tidak berada di klub (dalam waktu yang lama) dan dengan Walcott yang mereka mencetak gol."

Niles yang membukukan tekel, intersepsi, dan umpan terbanyak pada malam itu juga berkomentar tentang dirinya yang dipuji rekan-rekannya berkat penampilan gemilangnya. "Semua rekanku mengucapkan selamat jadi aku tebak aku bermain baik, dan aku rasa aku bermain baik, jadi aku senang dengan performaku," komentar Niles. "Kamu berada di tengah-tengah segalanya dan mayoritas melewati zonaku hari ini, jadi aku benar-benar senang terlibat dalam permainan."

Dengan kemenangan ini, Arsenal berhak melaju ke babak kelima alias 16 besar Piala FA selama tujuh tahun berturut-turut. Selanjutnya, skuat meriam muda akan melakoni pertandingan kandang kontra Watford dalam pekan ke-23 Liga Primer yang digelar Selasa (31/1) 19.45 GMT.

Pic.: Arsenal

No comments:

Post a Comment