By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Saturday, March 5, 2011

Barcelona Takluk di Emirates!

Arshavin berlari setelah menjebol gawang Valdes
Arsenal berhasil menekuk raksasa Spanyol, Barcelona, dengan skor 2-1 dalam partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Emirates Stadium, Rabu (16/2) GMT atau Kamis (17/2) dini hari WIB. Klub asal Katalan tersebut sudah unggul lewat gol David Villa di babak pertama,  namun Van Persie dan Arshavin membalikkan skor menjadi 2-1 untuk Arsenal di babak kedua.
Van Persie hampir saja membawa Arsenal unggul 1-0 pada menit ke-5 andai tendangan volinya gagal diblok oleh Victor Valdes, kiper Barca. Tetapi, 2 menit berselang, kartu kuning diterima oleh Song setelah ia melanggar pemain terbaik dunia 2010, Lionel Messi. Menit ke-22, tembakan Messi masih dapat ditangkap oleh kiper Szczesny.
Arsenal justru tertinggal lebih dahulu berkat gol David Villa. Operan akurat Messi berhasil ia terima dan ia mengecoh Szczesny untuk menjebol gawang The Gunners. Para pemain Arsenal menganggap bahwa Villa telah berada pada posisi offside, namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Keputusan wasit tersebut akhirnya diyakini benar setelah melihat rekaman gol Villa dan ia tidak terjebak offside. Arsenal tertinggal 0-1 dari Barcelona.
Mental para pemain Arsenal seperti semakin seperti terpuruk manakala Nasri diganjar kartu kuning 2 menit setelahnya. Tetapi pada menit ke-30 justru Andres Iniesta mendapat kartu kuning.
Barcelona sebenarnya unggul 2-0 di menit ke-37. Sayangnya, gol Messi memanfaatkan bola rebound Pedro Rodriguez berbau offside sehingga skor tetap 1-0 untuk Barca sampai paruh pertandingan.
Gerard Pique (Barca) dihadiahi kartu kuning pada menit ke-59 setelah melanggar Fabregas. Peluang Van Persie pada menit ke-60 masih menyamping di kanan gawang El Azulgrana, julukan Barcelona. Tembakan Messi 6 menit kemudian terpotong oleh Djourou.
Josep Guardiola, arsitek Barcelona, mengganti David Villa dengan Seydou Keita pada menit ke-68. Pada menit yang sama, di kubu Arsenal, Song digantikan oleh Arshavin untuk menambah daya gedor Arsenal. Sekali lagi Wenger mengganti pemain dengan Bendtner masuk menggantikan Walcott 9 menit kemudian.
Strategi Wenger berhasil. Van Persie berhasil membuat skor imbang 1-1 setelah ia mencetak gol pada menit ke-78. Umpan Clichy ke pinggir kotak penalti berhasil ia selesaikan dengan tendangan tajamnya ke pojok kanan gawang Valdes tanpa bisa dihalaunya. Arsenal bangkit, Arsenal 1-1 Barcelona.
Sekali lagi stadion berisi 59.927 tersebut bergemuruh tatkala Arshavin mengukuhkan namanya di papan skor pada menit ke-83 dan membalikkan skor menjadi 2-1 untuk Arsenal. Umpan jauh Fabregas kepada Nasri di sisi kiri pertahanan Barca berhasil diteruskan Nasri untuk kemudian dioperkan kepada Arshavin yang berdiri bebas di kotak penalti. Tendangan Arshavin yang agak sedikit berbelok tak bisa diantisipasi Valdes dan bola menghujam gawangnya. Arsenal berbalik unggul 2-1.
Arshavin dihukum dengan kartu kuning setelah ia membuka baju ketika merayakan golnya ke gawang Barcelona. Menit ke-86, giliran RvP yang diganjar kartu kuning setelah ia melanggar Seydou Keita. Semenit kemudian, tendangan Daniel Alves nyaris membobol gawang Arsenal andaikan Szczesny tak mampu menepis tendangannya. Semenit jelang waktu normal berakhir, Iniesta ditarik keluar dan diganti oleh Adriano. Namun tidak ada gol tambahan sampai wasit Nicola Rizzoli meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.
Arsenal unggul 2-1 atas Barcelona pada leg pertama, tetapi Barca memiliki 1 gol away yang bisa menguntungkan Barcelona. Selanjutnya, Arsenal akan bertandang ke markas Barcelona di Nou Camp, Selasa (8/3) GMT atau Rabu (9/3) dini hari WIB.
Hasil Liga Champions (15/2) :

AC Milan 0-1 Tottenham Hotspur
Valencia 1-1 Schalke 04

Hasil Liga Champions (16/2) :

AS Roma 2-3 Shakhtar Donetsk

Hasil Liga Champions (22/2) :

FC Kobenhavn 0-2 Chelsea
Oympique Lyonnais 1-1 Real Madrid

Hasil Liga Champions (23/2) :

Olympique Marseille 0-0 Manchester United
Inter Milan 0-1 Bayern Muenchen

Jadwal pertandingan babak 16 besar Liga Champions leg 2 :

Shakhtar Donetsk vs AS Roma (8/3) --> Donbass Arena
Barcelona vs Arsenal (8/3) --> Nou Camp
Tottenham Hotspur vs AC Milan (9/3) --> White Hart Lane
Schalke 04 vs Valencia (9/3) --> Arena AufSchalke
Manchester United vs Olympique Marseille (15/3) --> Old Trafford
Bayern Muenchen vs Inter Milan (15/3) --> Allianz Arena
Chelsea vs FC Kobenhavn (16/3) --> Stamford Bridge
Real Madrid vs Olympique Lyonnais (16/3) --> Santiago Bernabeu

No comments:

Post a Comment