By : Bagas Aulia Kautsar


And it's Arsenal... Arsenal FC... We're far by the greatest team... The world has ever seen!

Saturday, August 7, 2010

Arsenal Juara Emirates Cup 2010



Arsenal berhasil menjuarai Emirates Cup untuk ketiga kalinya dari 4 kali turnamen ini digelar. Pada Minggu, (1/8), Arsenal berhasil mengalahkan Celtic dengan skor tipis 3-2. Carlos Vela membuka skor untuk Arsenal 3 menit setelah kick-off dimulai. Memanfaatkan umpan datar dari Theo Walcott, Vela meluncur untuk memasukkan bola ke gawang Lukaszz Zaluska. Sepanjang babak pertama, Arsenal lebih banyak menyerang pertahanan Celtic ketimbang lawannya. Alhasil, di menit terakhir babak pertama, Bacary Sagna berhasil menggandakan keunggulan Arsenal menjadi 2-0. Setelah diberi operan matang dari Rosicky, Sagna secara tidak diduga langsung menembak bola dari jarak jauh di sisi kiri pertahanan Celtic. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.
Di babak kedua, Wenger menurunkan Nasri dan Chamakh menggantikan Rosicky dan Emmanuel-Thomas. Di kubu Celtic, Zaluska yang telah kebobolan 2 gol digantikan oleh dominic Cervi. Baru 6 menit babak kedua berjalan, Arsenal menambah keunggulannya lagi. Walcott yang dijaga sangat ketat di kotak penalti Celtic, memberi operan kepada Nasri yang tidak terkawal. Dia langsung mensontek bola ke sisi kanan gawang Cervi. Setelah unggul 3-0, Arsenal mengganti 3 pemain utamanya -Clichy, Sagna, dan Vela- dengan Gibbs, Eboue, dan Arshavin. Celtic melakukan hal serupa dengan memasukkan Samaras, Cha Du-ri, dan Fortune menggantikan Crosas, Rasmussen, dan Hinkel. Serangan berbalik arah. Kali ini, Celtic lebih dominan menyerang Arsenal. Celtic mengganti 1 pemain lagi dengan memasukkan Twardzik menggantikan Mulgrew pada menit ke-67. 1 menit kemudian, Celtic mendapat hadiah penalti setelah Wilshere menjatuhkan Fortune di kotak terlarang. Samaras kali ini yang mengeksekusi penalti. Sayang sekali, sepakannya jauh sekali diatas mistar gawang Almunia.
Tetapi, di menit ke-72, Celtic berhasil bangkit dan memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1. Berawal dari sepak pojok Celtic yang berhasil kembali ke pemain Celtic, dia menendang bola dari jarak jauh dengan sanagt keras. Bola sempat membentur salah satu pemain Arsenal, tetapi bola justru berbalik kearah gawang Arsenal dan Samaras dengan mudah mensonteknya. Gol ini sebenarnya berbau off-side, namun wasit dan hakim garis tetap menganggapnya sebagai gol. Setelah gol balasan terjadi, The Professor -julukan Arsene Wenger- memasukkan bek baru, Koscielny menggantikan Vermaelen. Bukannya menjaga agar skor tidak berubah, Arsenal justru kebobolan 1 gol lagi di menit ke-83. Berawal dari kesalahan Gibbs, Samaras mengoper kepada Fortune dan dia langsung memberi umpan cantik yang sangat terarah kepada Ki Sung-Yueng. Dia dengan tenang mengeksekusi bola masuk ke gawang Almunia. Skor semakin ketat, 3-2.
Jika Arsenal memenangkan pertandingan ini, Arsenal akan menjuarai Emirates Cup. Tetapi, jika Celtic mampu menahan imbang 3-3, Celtic yang akan menjadi juara, karena AC Milan dan Olympique Lyonnais yang telah bermain imbang 1-1 tidak berpeluang lagi menjuarainya. Tetapi, pada 7 menit terakhir pertandingan, tidak ada peluang membahayakn yang tercipta. Wasit Andre Marriner meniup peluit tanda berakhirnya, dan Arsenal juara Emirates Cup 2010. Manuel Almunia selaku kapten dari Arsenal menggantikan Cesc Fabregas, mengangkat trofi Emirates Cup 2010.
Inilah klasemen akhir Emirates Cup 2010 :

EMIRATES CUP 2010 - STANDINGS
Pos Tim M
M
S
K
GM
GK
Poin
1. Arsenal 2 1 1 0 4 3 8
2. Celtic 2 0 1 1 4 5 5
3. Olympique Lyonnais
2 0 2 0 3 3 5
4. AC Milan
2 0 2 0 2 2 4


Congratulations for Arsenal !














































No comments:

Post a Comment